Iklan Kehilangan STNK Koran Surya

Apakah Anda kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)? jika iya, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memasang iklan kehilangan STNK koran Surya. Cara ini sebenarnya cukup ampuh untuk menemukan sekaligus proteksi agar STNK yang dimiliki tidak disalahgunakan atau duplikasi.

STNK merupakan sebuah tanda bukti pendaftaran atau bukti keabsahan sebuah kendaraan dengan identitas kepemilikan yang telah terdaftar. Jika hilang, Anda harus kembali mengurus untuk pencetakan namun dengan biaya tambahan serta alur yang cukup panjang.

Iklan Kehilangan STNK Koran Surya

iklan kehilangan stnk koran surya

Fungsi Pasang Iklan Kehilangan STNK Koran Surya

Biasa dikenal dengan istilah iklan pencarian, merupakan salah satu jenis iklan yang memang ditujukan sebagai informasi kepada publik perihal kehilangan benda berharga. Biasanya, jenis iklan ini banyak muncul pada media cetak macam koran atau majalah dalam bentuk iklan baris.

Iklan baris sendiri mencakup sejumlah kalimat informatif perihal detail barang serta kontak yang bisa dihubungi. Iklan baris ini biasanya terbatas dan dikelompokkan pada kolom khusus iklan. Pada format dasar, iklan kehilangan STNK akan menampilkan nomor pemilik serta kontak pemilik serta tindak lanjut.

Selain itu, fungsi pemasangan iklan pencarian juga sangat krusial sebagaimana Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 perihal registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Jika merujuk pada aturan tersebut, STNK memiliki potensi untuk diduplikasi sebagai bentuk pelanggaran hukum.

Oleh sebab itu, melalui pemasangan iklan STNK hilang di Iklan Kehilangan STNK Koran Surya, potensi duplikasi nomor kendaraan bisa diminimalisir agar tidak terjadi pelanggaran di kemudian hari.

Prosedur Pengajuan Pembuatan STNK Hilang

Selain memasang iklan namun tak menemukan hasil sama sekali, Anda tentu perlu membuat STNK kembali. Untuk itu, diperlukan sejumlah prosedur serta persyaratan berikut ini

  • Surat Keterangan Hilang STNK
  • KTP Asli serta Fotokopi Kendaraan
  • Fotokopi STNK Hilang (opsional)
  • BPKB

Untuk mendapatkan surat kehilangan, syaratnya biasanya melampirkan bukti iklan kehilangan, silahkan pasang iklannya terlebih dahulu. Berikut ini prosedur yang dapat diikuti. 

  • Ketik informasi yang ingin diiklankan.
  • Pilih jumlah baris (sesuai harga), durasi tayang, tanggal, dan kategori iklan.
  • Kirim via Whatsapp ke 0857-3318-4499.
  • Tim kami akan dengan senang hati membantu menyesuaikan iklan Anda sesuai kriteria yang diberikan.
  • Pelanggan melakukan pembayaran.
  • Iklan akan diproses dan dinaikkan cetak ke media yang dipilih oleh pelanggan.

Kunjungi Samsat

Jika seluruh dokumen telah siap, Anda harus mendatangi kantor Samsat terdekat dengan seluruh dokumen tersebut. Kantor Samsat sendiri sebagaimana peraturan pemerintah diwajibkan buka mulai hari Senin hingga Sabtu, dari pagi hingga sore.

Pemeriksaan Fisik Kendaraan

Pihak Samsat nantinya, akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap kendaraan yang diajukan untuk pembuatan STNK. Pemeriksaan mencakup nomor kendaraan, warna mobil, nomor mesin serta nomor angka. Setelahnya, Samsat bakal membuat surat keterangan dan Anda cukup menyalinnya saja.

Mengisi Formulir Pendaftaran di Loket STNK

Masih di lokasi yang sama, Anda berikutnya harus mengisi formulir dengan lengkap beserta kelengkapan persyaratan yang dicantumkan di atas. Sebelum itu, pastikan kendaraan Anda tidak diblokir sebelumnya karena akan menghambat proses pembuatan ulang.

Caranya, dengan membawa hasil pemeriksaan fisik dan cek blokir guna memastikan kendaraan tidak sedang dalam proses pencarian semisal barang curian. Berikutnya urus pembuatan STNK pada Loket Bea Balik Nama II. Pada tahap ini, Anda harus memberi seluruh berkas juga surat keterangan hilang.

Biaya Pengurusan STNK

Perihal biaya, terdapat perbedaan biaya yang harus dibayarkan antara kendaraan roda dua dan roda empat. Hal ini juga tercantum dalam peraturan pemerintah Nomor 50 Tahun 2010, yang mana kendaraan roda dua wajib dikenakan biaya sebesar 50.000, dan kendaraan roda empat sebanyak Rp 75.000.

Jika seluruh tahap telah dilakukan, Anda cukup menunggu STNK selesai dicetak untuk balik nama. Lebih dulu, pastikan seluruh kelengkapan administrasi agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar.

Itulah fungsi pasang iklan kehilangan STNK koran surya serta prosedur pengurusan STNK hilang di atas. Semoga bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai